Tips - tips menjaga kesehatan otak

Selasa, 24 April 2012

| | |
Hai Brainee. Sekarang kami mau kasih info tentang tips menjaga kesehatan otak nih. Simak dan sebarkan yuk :)..

Makan secara teratur ternyata membantu untuk mengaktifkan molekul jenis CREB1 yg terkait dengan usia dan fungsi otak. Perbanyak makan ikan. Ikan terbukti dapat melindungi otak dari penuaan karena ikan mengandung vitamin dan asam lemak omega3. Asam lemak omega3 meminimalisir adanya penyusutan volume otak, memperbaiki kekuatan daya ingat, dan menghindari kepikunan pada lansia. Konsumsi makanan bervitamin B. Vitamin B terdiri dari Tiamin, Asam Pantotenat, Piridoksin, Sianokobalamin, dan Asam Folat. Tiamin atau Vit.B terdapat pada makanan padi-padian dan olahannya seperti roti,pasta, gandum dan sereal. Asam pantotenat atau Vit.B5 terdapat pada daging,unggas,ikan,susu dan sayur. Vit ini berbentuk koenzym yang menghantarkan impuls saraf. Piridoksin atau Vit B6 terdapat pada daging ayam, pisang, kacang panjang, dan sereal. Vit ini dapat membuat daya ingat lebih kuat. Sianokobalamin atau Vit B12 terdapat pada daging merah, telur, kerang, dan ikan. Vit ini dapat membantu pembentukan darah merah. Asam Folat terdapat pada bayam,brokoli,pokcoy,asparagus,kol,susu dan keju. Jenis VitB ini sifatnya mudah larut. Hindari fast food. Lemak trans yang terkandung didalamnya berpengaruh terhadap penyusutan otak yang menyebabkan Alzheimer. Boleh makan makanan fast food, tapi jangan keseringan ya brainee :).

Latih mental. Rangsangan mental terbukti dapat memperkuat daya ingat. Gunakan puzzle atau teka-teki untuk melatihnya. Bermain catur juga bisa melatih kekuatan otak dan daya ingat. Survey juga membuktikan bahwa seseorang yang sering bermain permainan yang membutuhkan konsentrasi tinggi dapat mengurangi penyakit yang biasa kita sebut Pikun. Olah raga 3 kali seminggu, akan memberi dampak positif untuk kekuatan otak, karena  dpt menambah efektifitas distribusi darah dari jantung. Istirahat yang cukup agar ada perbaikan memori. Untuk kita mahasiswa, kalau belajar jangan di forsir ya :).

Well, gimana Brainee? Mudah kan cara menjaga kesehatan otak. Yuk kita mulai hari ini. Jangan lupa sebarkan. Kita sehat bersama ☺